HOW TO GROW INSTAGRAM (BS Ngopi Cantik #8)


Hallo Guys,

Kali ini aku mau sharing pengalaman aku bareng Beautiesquad, So ini cerita tentang Beauties Squad yang lagi ngadain Sharing Sesiion Bareng kak Tutu (niputuchandra) blognya kak tutu adalah https://www.tutuskirtjournal.com/ Acara ini dilaksanakan secara online dengan judul BS NGOPI CANTIK #8. Tema yang Diangkat kali ini adalah HOW TO GROW INSTAGRAM sama seperti judulnya ya.

Dalam Sharing session ini Ka tutu @niputuchandra sebagai narasumber memberikan materi yang detail banget buat kita-kita yang merupakan Tips yang dilakukan oleh ka tutu dalam meningkatkan perkembangan atau meningkatkan Instagramnya.  

Instagram saat ini memiliki pengguna 1 Miliyar Pengguna Aktif yang merupakan sosial media yang paling populer didunia. Sebagai Sosial Media yang paling popular hal ini dapat kita manfaatkan Crowd Instagram untuk membaca Blog kita, Memberikan Awareness kepada audience tentang diri kita dan mengenalkan diri kita untuk menghitungkan siapa diri kita agar dapat mengaet brand-brand untuk bekerjasama dengan kita. Adapun Hal Penunjangnya adalah:

©       Instastory
©       Upload Multipe Photo
©       Bussiness Profil
©       Link di Bio
©       Swipe Up (Untuk 10K)
©       IG TV

Alasan kita harus memperhatikan Peningkatan Instagram adalah:
1.       Network
Instagram memiliki Pengguna yang sangat banyak yaitu 1 Miliyar Pengguna Aktif yang merupakan kesempatan yang sangat baik untuk engage dengan audience.
2.       Keep Up To Date
Instagram adalah tempat yang baik untuk mengumumkan Terkait Trend masa kini, Seperti Makeup/Skincare, Trend serta drama terbaru.
3.       Easy
Sangat mudah Digunakan untuk Share Pengalaman seperti penggunaan produk secara real time.

Nah lalu Growth Itu adalah:
      1) Folower Meningkat; Definisi ini adalah follower yang dari 5000 menjadi 8000
2  2) Engagement rate dan Metrics-Metrics Lainnya Meningkat: Sedangkan Metrics adalah measurement unit atau sebuah alat ukur apabila Instagram telah dirubah atau menjadi Bussiness Account.

Metrics yang dapat dilihat dari fitur Insight di Instagram diantaranya adalah:
©       Profil Visits (Pengunjung dalam 7 hari terakhir)
©       Website Clicks (Berapa orang yang klik Link di bio)
©       Reach (Seberapa besar jumlah jangkauan Instagram yang melihat postingan kita)
©       Impressions (Berapa kali postingan dilihat, Karena apabila satu user melihat lebih satu kali tetap diperhitungan oleh instagram sehingga angka impressions lebih besar daripada reach)

Btw jangan sering share-share soal Insight kita keorang lain yah, itu adalah Rahasia Pribadi Guys. Hihi Tetapi kalo Brand yang berminat atau meminta insightnya sih gapapa dikasih. Tapi aku mau kasih jelasin sih dengan picture insight aku.Disini Aku menggunakan bahasa Indonesia






Ditayangan satu teman-teman lihatkan penayangan hanya 800an. Tetapi Jangkauannya lebih besar. Ini berlaku untuk Instagram yang sudah menjadi akun bisnis yah.

Nah Sekarang kita encuz ke Tips dari ak tutu, yaitu:
1)      Kuasai semua fitur metrics Instagram.
Nah Seperti yang telah saya jelaskan soal Metrics kita harus benar-benar memahami dan memperhitungkan grafik penaikannya kata kak tutu kalo perlu dicatat supaya kita dapat melihat grafik penurunan dan kenaikan agar kita dapat evaluasi diri dan harusnya bagaimana serta apa yang disukai oleh audience.
2)      Tentukan Niche dan lakukan Interaksi dengan akun yang memiliki Niche yang sama
Niche adalah tema so kao sukanya cantik-cantikan atau makeupan kek aku maka nichenya beauty, Kalo jalan-jalan berarti Nichenya yah Travel gituu. Usahakan focus pada satu niche yang guys agar audience kita bertambah. Interaksi dengan teman-teman yang memiliki niche yang sama agar dapat saling Support gituu.
Nah kata ka tutu sih, Kalo mau fan gerling mending dipisah ajah sama akun yang memang dibuat untuk branding diri. Hal ini menghindari akun kalian pindah niche dan meningkatkan peluang postingan kalian yang dilihat agar audience lebih interest ke niche kita.
3)      Kenali Audience
Kenali seperti persentase banyakanya dari kaum pria atau wanita, Sesama teman blogger atau memang teman-teman blogger yang berniche beauty. selain itu juga negaranya, Lyfestyenya, kesukaanya makeup apa. Kita contoh ajah ya Nanda Arsyinta disini dia pake style Korean jepang look gitukan? Nah kebanyak fansnya yang suka Korean Looks. Tasya Farasya nah disini tasya sih kita lebih suka sama ke Glamourannya yah. Kalo menurutku Tasya itu banyak yang suka karena produk yang dia review dengan harga-harga fantastic. Jadi menurtku itulah daya tarikny selain wajahnya yang kaya berbie. Hahahah (Opini Yah guys)
Nah jadi kita harus kenali Audience kita mereka itu suka apa seperti makeup atau malahan review-review produk.  
4)      Tentukan Branding
Ini sih kata kak tutu sering kita abaikan, Padahal sangat penting. Kalo menurutku sendiri sih bukan diabaikan tapi tidak dapat menemukan jati diri. Karena branding adalah jati diri atau apa yang diingat Audience ketika melihat kita. Hal ini adalah hal yang sulit menurutku. Karena aku sendiri Binggung apa yang harus aku lakukan agar aku memiliki ciri khas?
Ka tutu sih mengibarkan Awkarin , karena dia mengingatkan kita soal Instagram story yang jumlahnya 100 sehari. Ya awkarin si penjahit Story kataku. Soalnya gila ajah titiknya sampe sekecil itu guys.  Lalu @21makeupaddictions yang serba pink jadi kalo inget pink inget @21makeupaddictions begitu.
5)      Berinteraksi dengan Audience
Interaksi bukan soal kamu bikin video dan nyapa, Ini seperti halnya membalas komentar, DM, Polling, Question Box dan Live session.  
6)      Gunakan Hastag sesuai dengan Niche
Gunakan hastag yang bersangkutan dengan feed kalian. Jangan lagi makan hastagnya Makeuptutorial hihi.

Setelah itu Kesesi Tanya jawab yang dimoderatori oleh admin BS:

Dari seorang pengikut ka tutu dari follower masih 6000an sampe sekarang adalah delapan puluh lima ribu kayak sekarang (Aku sendiri sambil baca ini sambil berdoa YA Allah aku juga mau ya Allah agar bisa Swipe Up. Aamiin) Strategis apa sih yang harus dilakukan agar bisa seperti kak tutu?  Menurt ka tut sendiri Tentunya tidak dengan membei follower dan engagement, Ka tutu tidak memiliki stategi khusus karena peningkatan daya tarik masingmasing akun itu berbeda. Ada Yang Efektif dengan Flatflay ada yang efektif dengan video seminggu sekali dan itu berbeda, Disini kak tutu menegaskan bahwa stategisnya mungkin dengan trial & Error melalui analisa insight sendiri. Selain itu juga peraturan pertama adalah konsisten. Konsisten dengan branding diri seperti makeup look ala korea, elegant atau unyu-unyu yang merupakan ciri khas.

Rate Card untuk instagram user yang memiliki sedikit follower? Ketika ditanya rate card berarti brand sedang menghargai posisi kita yaitu  blogger sebagai content creator. Agar tidak mengecewakan brand tentukan kita harus sopan dan professional dalam membalas email/Direct message. Mengenai Ratecard nominalnya bisa kamu sesuaikan sendiri dengan worth kamu sebagai blogger/content Creator. Tidak selalu mengenai banyaknya follower karena ada yang folowernya hanya 5000 tapi memiliki engagement Rate yang cukup Tinggi.
Persentase Engagement Rate:
·                     1%                          : Low
·                     1%-3.5%               : Average
·                     3.5%-6%               : High
·                     >6%                       : Really High

Bagaimana menonjolkan diri agar menjadi berbeda dengan content Creator lain. Ketidak singkronan Insight dengan kenyataan seperti pernyataan insight bahwa jam 3PM adalah waktu rame Instagram kita, tapi nyatanya kok sepi. Apakah itu memang harus kita Analisa Sendiri? Menurt kak tutu tentu dengan Self Branding, Audience kamu itu lebih minat di bagian apa. Cari tahu kekuatan kalian apakah dari jago blending eyeshadow dan hal-hal yang menurut kalian paling dikuasai. Tentu Ciri khas dari apa yang kalian suka apa warna pink atau backsound ucul. Tergantung kalian mau branding bagaimana. Terkait Prime Time Post ini harus trial dan error, intinya sihsering otak atik instagram analisa patternnya seperti apa, pasti setelahnya tau strategisnya gimana.

Perubahan Alogaritma Instagram berubah mengenai hal tersebut apakah benar 1) Mengedit caption kurang dari 24 jam akan mempengaruhi Viewer 2) Membals Komen lebih dari 1 jam mengurangi potensi untuk masuk Explore 3) Menggunakan hastag terlalu banyak mengurangi potensi masuk explore (max 4)? Menurut kak tutu edit capton kurang dari 24 jam tidak mempengaruhi banyaknya like/viewer berdasarkan trial dan error. Yang berpengaruh adalah ketika caption kita tidak memberikan cerita yang menarik/ pelajaran kepada audience sehingga kemungkinan besar mereka menjadi malas. Pertanyaan mengenai Komentar tersebut tidak berpengaruh. Semakin besar interaksi semakin besar kemungkinan masuk explor. Penggunaan hastag tidak berpengaruh sih soal banyak atau sedikitnya tapi maximal 30 hastag.

Rumus EG = (Jumlah Like + Jumlah Comment) / Folower x 100 (Tapi ada aplikasi website kok) hahha
https://phlanx.com/engagement-calculator

Dan masih banyak lagi search aja di Google Ig Rate.

Curahan Hati dari kak tutu, Lebih baik Folower Rendah tapi Real Folower dan Real Engagement. Sesusah apapun instagram jangan beli follower ataupun EG karena dapat merusak data kita sendiri Guys. Kalo curahan hatiku sih aku agak sedih karena akunku selalu dibanjiri share sebagai pemula yang masih trial and trial untuk memantaskan konten. Mengenai pencahayaan, Aplikasi editor dan pengambilan Angel foto yang terus aku coba. Sebagai bukti adakan diatas foto Insight Fotoku dan like ga singkron, mau dihapusin sayang citacitaku swipe up soalnya. hihi

Terima Kasih Beautiesquad dan Kak tutu atas kesempatannya.







Komentar

  1. wow thanks banget buat informasinya, aku jadi lebih paham nih sekarang gimana buat ngulik instagram aku

    BalasHapus
  2. Duh, makasih banget kak. Aku baca step by step dan langsung aku praktekkan soalnya lagi kepengen banget naekkin insight dan engagment. Maklum sekarang permintaan dari klien IG juga mesti dibagusin

    BalasHapus
  3. susah banget untuk grow instagram dengan cepat, naik turun terus nih huhu, step by stepnya panjang apalagi untuk akun berbisnis

    BalasHapus
  4. Seru ya ada sharing session seperti ini. Jadi belajar lagi nih tentang Instagram. Sulitnya itu naikin engagementv

    BalasHapus
  5. Nah dari sini jadi lebih tahu bagaimana memanfaatkan media sosial yang bisa bermanfaat dan dapat menghasilkan sesuatu

    BalasHapus
  6. Kalo udah bahas algoritma instagram tuh aku paling suka deh, bisa nambahin pengetahuan buat ngelola postingan di instagram. Ilmunya bermanfaat banget yah.

    BalasHapus
  7. Aku ikutan juga nih. Bagus banget nih acara ngopcan. Semoga seterusnya bisa ikutan 😃

    BalasHapus
  8. Huhu saya beberapa bulan ini akun ignya gak Growth nih. Followers segitu2 ajah. Apa karena niche belum jelas yak

    BalasHapus
  9. Susah - susah gampang tau tentuin Niche, kenali audience karena batu belajar jadi aku masih tahap pendalaman materi.

    BalasHapus
  10. Yazzz aku juga ikut ini nih! Jadi ngerti ternyata kuncinya harus konsisten, tapiii aku masih belum bisa huhu

    BalasHapus
  11. Lebih baik Folower Rendah tapi Real Folower dan Real Engagement, nahh ini ku setuju banget sama yg ini

    BalasHapus
  12. Wow, udah aku noted semua nih kak. Dan ada beberapa fitur juga yang baru aku setelah baca artikel ini. Makasi banyaaak sudah menuliskan ini ya.

    BalasHapus
  13. aku juga ikutan seminar ini kak, bagus banget yaa tips dari kak tutu

    BalasHapus
  14. Waah ilmu baru lagi untukku kak, makasih yah udah di share

    BalasHapus
  15. Aku tertarik nih dalam hal data analytics untuk sosial media. Pengen aku ulik ulik lagi biar instagramku bisa tumbuh hihi. Makasih sharingnya mbak :)

    BalasHapus
  16. Ternyata IG itu nggak cuma asal share dan nikmatin like aja memang ya. Ada Er yang harus dikejar demi kerjasama ama brand. Makasih ilmunya ya, Kak. Penting banget ni untuk kita yang influencer

    BalasHapus
  17. wah ada ka tutu, belajar dari yang udah pengalaman dan growthnya juga jelas berarti infonya terbukti ya, aku kudu catet nih yang penting pntingnya

    BalasHapus
  18. ah keren kak informatif banget aku jadi tau neh, nambah ilmu tentang per IG an. aku suka lupa bales komen, sering edit lebih dari sehari , duh nasib makemak remponk :D makasih artikelnya kak

    BalasHapus
  19. Pas banget kak tulisannya, pas sama aku yang lagi cari info bagaimana cara meningkatkan ER IG. Langsung tak Bookmark. Nanti pas senggang langsung di praktekin

    BalasHapus
  20. Sampe bolak balik bacanya infonya bagus banget deh. Penting untuk meningkatkan engagement ya.Jadi mau ikutan kelas tutu buat di jakarta pliss nanti aku ikut.

    BalasHapus
  21. Bermanfaat banget nih kak tulisannya, apalagi buat aku juga yg mau mengembangkan instagramku.. thankyou kak

    BalasHapus
  22. Thanks sharingnya kak, aku sendiri lagi kacau alogaritma IG nih karena males bales komen dan berinteraksi hihi

    Yg penting rajin, nanti dapet deh follower baru mah, branding jg ngebantu ��

    BalasHapus
  23. Terima kasih banyak kak tipsnya, jadi semangat neeh buat updatan instagram

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

POND'S MINERAL CLAY MASK (REVIEW)

SELSUN Spesialis Shampo Anti Ketombe

OZORA SKINCARE REVIEW (ESSENCE & SERUM)